Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Tips Mengatur E-mail di Outlook.com

| Jumat, 03 Agustus 2012
CHIP.co.id – Microsoft resmi meluncurkan preview layanan baru email berbasis browser, Outlook.com, kemarin. Dimaksudkan untuk menggantikan Hotmail yang semakin ketinggalan jaman, layanan gratis tersebut menghadirkan antarmuka minimalis, media sosial, integrasi Skydrive, dan banyak fitur. Tak mengherankan, hanya 4 jam setelah diluncurkan, pengguna Outlook.com telah mencapai 1 juta lebih.

Bagi pengguna baru, barangkali tips berikut ini perlu Anda pertimbangkan agar Outlook.com Anda tetap rapi.

1. Instant Action
Ketika mouse Anda mengarah ke e-mail, tiga ikon abu-abu akan muncul di antara nama pengirim dan bidang subjek. Instant Action memungkinkan Anda menghapus pesan, menandainya sebagai belum dibaca, atau menandainya untuk direview dan ditempatkan di bagian atas. Anda juga bisa melakukan tindakan yang sama dengan Command bar di bagian atas layar, tetapi Instant Action menghemat beberapa klik. Terlebih lagi, dengan menyembunyikan ikon sampai Anda membutuhkannya, Microsoft membuat antarmuka tetap bersih dan bebas dari kesemrawutan. Jika mau, Anda bisa menambah lebih banyak ikon dari menu Settings termasuk memindahkan pesan dari folder dan menandainya sebagai junk.
Tips Mengatus Email di Outlook.com Instant Action
Ketika Anda menyorot pengirim dengan mouse, akan muncul pula pilihan untuk mengirim email kepada yang bersangkutan, memindahkannya, menghapus, atau menjadwalkan pembersihan.
Tips Mengatus Email di Outlook.com Instant Action

2. Folders and Quick View categories
Fitur Folder Outlook.com sama dengan layanan e-mail populer lainnya. Ketika Anda memindahkan sebuah file ke dalam folder, file akan terhapus dari inbox. Anda bisa menambahkan e-mail ke folder dengan drag and drop atau memilih e-mail menggunakan menu Move to dari Command bar. Folder standar termasuk Junk, Sent, dan Drafts, tapi Anda bisa membuat folder sebanyak yang Anda mau.
Tips Mengatus Email di Outlook.com Folders And Quick View Categories
Anda juga bisa membuat kategori yang akan membagi pesan berdasarkan isinya. Jadi meskipun pesan dimasukkan dalam kategori tertentu, ia tetap akan ada di inbox, sementara kalau Anda mengklik kategori, pesan yang muncul hanya yang Anda masukkan ke dalam kategori tersebut.
Tips Mengatus Email di Outlook.com Folders And Quick View Categories

3. Rules and filter
Seperti Gmail, Anda bisa membuat aturan berdasarkan nama pengirim atau alamat, kolom “To” atau “CC”, atau apakah pesan memiliki lampiran. Lalu, Anda bisa memberitahu Outlook.com untuk secara otomatis memindahkan pesan-pesan tersebut ke dalam folder, menandainya di inbox, meneruskannya ke alamat e-mail baru, menambahkan atau menghapus kateogri, atau menghapus semuanya. Untuk mengakses menu Rules, klik menu Sweep di kolom Command dan pilih Manage rules. Biasanya menu ini cocok digunakan untuk menyaring pesan-pesan dari mailing list agar tidak bercampur dengan pesan penting dari kenalan Anda di inbox.


4. Junk e-mails
Tak lama setelah membuat akun, biasanya e-mail akan dipenuhi pesan-pesan sampah. Seperti pada Yahoo! dan Gmail, Outlook.com juga menawarkan tools peralatan untuk mengatur pesan sampah tersebut di kolom Command. Anda bisa menandai pesan tertenu sebagai junk, pishing scam, atau memperingatkan Microsoft jika Anda menduga bahwa akun teman Anda telah di-hack. Jika Anda tak sengaja menandai pesan dari teman sebagai Junk, Anda bisa memulihkannya segera, seperti fitur yang terdapat juga di Gmail. Anda juga bisa memblok e-mail dari pengguna yang tidak dikenal.
Tips Mengatus Email di Outlook.com Junk E-mails

5. Sweep and schedule cleanup
Anda bisa menyapu dan membersihkan inbox menggunakan menu di kolom Command. Di sini Anda bisa memindahkan semua pesan dari seseorang atau menghapusnya secara bersamaan. Di bawah menu yang sama, Anda juga bisa menjadwalkan pembersihan dengan berbagai pilihan, misalnya menghapus pesan yang diterima lebih 3,10,30, atau 60 hari. Atau Anda bisa juga memindahkan pesan-pesan lama ke folder khusus.
Tips Mengatus Email di Outlook.com Sweep And Schedule Cleanup

Tips Mengatur E-mail di Outlook.com
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar