Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

ThinkPad, Laptop Perkasa untuk Segmen Korporat dan UKM

| Jumat, 03 Agustus 2012
ThinkPad T430 Laptop Perkasa untuk Segmen Korporat dan UKMCHIP.co.id – Bagi kalangan korporat serta usaha kecil dan menengah, laptop atau PC yang berkinerja maksimal saja tidaklah cukup. Mereka umumnya sangat memperhatikan unsur keamanan, tidak hanya mengamankan data penting perusahaan dari serangan dunia maya, tapi juga kerusakan fisik, baik karena faktor manusia maupun alam.

Salah satu PC terkemuka yang namanya sudah melegenda dalam hal ini adalah ThinkPad buatan Lenovo, yang tahun ini akan memasuki seri yang kedua puluh. Bertempat di Mezza9 Restaurant, FX Lifestyle X'nter Mall, Jakarta, kemarin (2/8), PT Lenovo Indonesia kembali meluncurkan anggota baru dari mesin Think khusus untuk korporat dan UKM, yakni ThinkPad T430, ThinkPad X230, ThinkPad Edge430 dan ThinkPad Edge130. Masing-masing dijual mulai dari Rp15,990 juta, Rp15,990 juta, Rp6,819 juta dan Rp5,990.

Salah satu yang mendapat sorotan khusus sore itu adalah ThinkPad T430 yang memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 30 jam dengan tambahan battery slice opsional melalui satu kali pengisian baterai dan pilihan power-saving aktif. Varian ini juga didukungan prosesor Core hingga i7, TurboBoost dan chip grafis Intel HD onboard, pilihan layar 14 Inci dan HD+ serta kualitas suara jernih dengan teknologi Dolby Advanced Audio 2.0.

Techincal Manager Lenovo Indonesia Aziz Wonosari mengatakan, seluruh varian baru laptop ThinkPad sudah dilengkapi Intel core I generasi ketiga Ivy Bridge, serta teknologi Turbo Boost yang mampu mempercepat proses booting hingga 40 persen lebih.

“Selama ini kalau booting file tersebar di beberapa sektor sehingga memakan waktu lama. Di ThinkPad, file tidak tersebar, hanya di satu sektor sehingga booting lebih cepat,” kata Aziz.

Secara umum, ThinkPad juga sudah dilengkapi fitur rapid resume dimana laptop bisa menyala kembali dari posisi sleep dalam waktu kurang dari 2 detik. Meski daya tahannya lama, baterai ThinkPad hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk 75 persen pengisian.

Fitur lainnya Automatic Protection System, dimana empat sensor di bagian atas, bawah, kiri, dan kanan dapat mendeteksi ketika laptop tidak dalam posisi stabil. Jika ada goncangan, hard disk akan off sementara untuk mengamankan data.

Namun, demonstrasi paling menarik sore itu adalah uji daya tahan rangka dan layar ThinkPad T 430S yang disebut Roll Cacge Hybrid. Laptop berbobot 1,75 kg ini tidak mengalami keretakan ketika dijatuhkan berulang-ulang ke lantai karena terbuat dari carbon fiber dan carbon glass yang jamak dipakai di mobil Formula 1. Bahkan, ThinkPad tidak bermasalah ketika diinjak dengan dua kaki oleh orang dewasa.

Lalu, bagaimana jika Anda tak sengaja menumpahkan air ke atas keyboard? Tidak usah panik karena ThinkPad sudah dilengkapi 2 saluran khusus untuk membuang air 5 kali lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Aziz juga menggarisbawahi teknologi Bootshield yang konon hanya ada di ThinkPad. Bootshield memproteksi startup file, sehingga ketika Anda menginstall aplikasi, termasuk antivirus, proses start dan shut down tidak akan menjadi lambat.

Meski baru berjalan di sistem operasi Windows 7, seluruh varian ThinkPad sudah siap menjalankan Windows 8 ketika sistem operasi itu secara resmi dirilis Microsoft 26 Oktober mendatang. Bagi kawula muda, desain ThinkPad agaknya sangat tidak menarik karena terkesan klasik, serius atau old fashioned. Desain keyboard baru yang nyaman digunakan untuk mengetik juga tidak terlalu istimewa dari segi estetika.

Aziz menjelaskan, ThinkPad memang sengaja didesain serius dan lebih mengutamakan performa karena sasarannya adalah korporat, UKM atau pekerja desain yang membutuhkan kemampuan komputasi tinggi.

ThinkPad, Laptop Perkasa untuk Segmen Korporat dan UKM
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar