Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Taman Proklamator, Tempat Lahirnya Indonesia

| Selasa, 21 Agustus 2012
Taman Proklamator, Tempat Lahirnya IndonesiaJakarta - Taman Proklamator di Jakarta, adalah saksi sejarah lahirnya Indonesia. Di sinilah Soekarno membacakan teks proklamasi pada 17 Agustus 1945. Patung Soekarno dan Hatta di sana pun menjadi simbolisasi bersejarah.

Bagi warga Jakarta, siapa yang tidak tahu Taman Proklamator? Terletak di Jl Proklamasi nomor 56, Jakarta Pusat, taman ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Ada yang bermain bola atau sekedar bersantai di tamannya. Terlepas sebagai taman, tempat ini adalah saksi bisu bagi kemerdekaan Indonesia. 67 Tahun silam, Soekarno membacakan teks proklamasi di sana.

"Ini adalah tempat dibacakannya proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno, bukan di istana," kata pihak pengurus taman, Warnadi, kepada detikTravel, Selasa (14/8/2012), saat berkunjung ke sana.

Dulunya di taman ini berdiri rumah milik Bung Karno. Nama jalannya pun berbeda, dulu bernama Jl Pegangsaan Timur dan kini diubah menjadi Jl Proklamasi.

Pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945, rumah Bung Karno ramai didatangi oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Mereka ingin mendengar langsung pidato proklamasi kemerdekaan. Tepat pukul 10.00 WIB, sambil ditemani Bung Hatta, Bung Karno membacakan teks proklamasi di depan rumahnya.

Setelah itu, upacara pengibaran bendera pun dilakukan. Semua orang pun langsung menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat. Tidak ada pesta atau pun perayaan besar-besaran saat Soekarno selesai membacakan proklamasi. Semua orang di sana larut dalam sukacita yang tak bisa digambarkan. 350 Tahun lebih, akhirnya Indonesia berhasil meraih kemerdekaan.

Kini, tidak ada rumah Bung Karno di sana, melainkan terdapat taman yang luas. Kedua patung Soekarno-Hatta, yang dikenal dengan sebagai Monumen Proklamator, menjulang tinggi di tengah-tengah taman. Patung kedua tokoh itu berukuran besar dan menjadi simbol bersejarah bagi bangsa ini.

Di antara patungnya, terdapat ukiran teks proklamasi. Anda dapat melihatnya dengan jelas. Tidak jauh dari patungnya, terdapat tiang bendera dengan bertuliskan 'Disinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Tanggal 17 Agustus 1945 Djam 10.00 Pagi Oleh bung Karno dan Bung Hatta'. Di ujung tiangnya, berkibar Sang Saka merah putih.

"Tempat ini selalu digunakan untuk upacara 17 Agustus. Siapa saja boleh menjadi peserta upacara di sini. Tidak hanya masyarakat umum, ada juga tentara veteran yang kami undang untuk upacara," lanjut Warnadi.

Tiap tanggal 17 Agustus, agendakanlah perjalanan Anda untuk mengunjungi taman ini. Anda bisa melakukan upacara bendera di tempat yang paling bersejarah.



Taman Proklamator, Tempat Lahirnya Indonesia
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar