Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Selain Mendapat Pahala, Donor Darah Saat Puasa Juga Menyehatkan

| Sabtu, 04 Agustus 2012
Selain Mendapat Pahala, Donor Darah Saat Puasa Juga MenyehatkanLiputan6.com, Pangkalpinang: Mendonorkan darah saat bulan puasa memberikan dua keuntungan yakni mendapatkan pahala dan menyehatkan. "Saat puasa, stok darah kami sering kosong, pendonor jarang ada yang datang, mungkin mereka takut stamina akan menurun jika mendonor saat puasa," kata petugas Palang Merah Indonesia Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah, Meyrinda, di Bangka Belitung, Jumat (3/8).

Pada bulan sebelumnya, stok darah di PMI dapat mencapai 500 kantong darah, namun bulan ini, kata Meyrinda, stok hanya mencapai 300 kantong dan itu pun telah habis. Padahal, kebutuhan pasien di RSUD Depati Hamzah per hari mencapai 20-30 kantong. Tentu saja, PMI saat ini sangat butuh pendonor darah.

"Untuk menyiasati hal tersebut, kami terpaksa meminta keluarga pasien sendiri untuk mencari pendonor, baru kita bisa lakukan tes kecocokan antigen dan antibodi," kata Meyrinda. Meyrinda menjelaskan, saat puasa pendonor tetap dapat donor darah seperti biasa, meski demikian tetap harus mengurangi aktivitas fisik.

"Jika saat hari-hari biasa setelah mendonor darah langsung bisa berolah raga, namun saat puasa sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik terlalu berat setelah mendonor, lagipula, proses donor darah sebenarnya hanya mengambil 250cc hingga 500 cc darah, jadi tidak akan membuat lemas," kata dia.

Mendonor darah terbukti menyehatkan karena dapat menjaga kesehatan sistem peredaran darah dalam tubuh dengan mengurangi penumpukkan zat besi. Hasil penelitian yang dimuat "Journal of the American Medical Association" menunjukkan kadar zat besi yang berlebihan dalam darah dianggap dapat memicu kerusakan akibat radikal bebas pada arteri, terutama pada penyakit jantung stadium awal.(ANT/JUM)



Selain Mendapat Pahala, Donor Darah Saat Puasa Juga Menyehatkan
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar