Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Meditasi Bisa Kurangi Kesepian Manula

| Kamis, 02 Agustus 2012
Meditasi Kurangi Kesepian ManulaZXYKWQ8GG57S Liputan6.com, Jakarta: Sebuah penelitian yang diterbitkan pada satu jurnal Brain, Behavior & Immunity beberapa waktu lalu, membuktikan bahwa meditasi dapat mengurangi rasa kesepian pada manula dan meningkatkan efek positif pada kesehatan mereka.

Penelitian ini mengkaitkan antara kesepian dan peradangan, yang meningkatkan tingginya risiko penyakit alzeimer, kardiovaskular, bahkan kematian.

Profesor psikologi dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, AS, J. David Creswell, membandingkan bahaya merokok dengan rasa kesepian. "Kami selalu mengimbau masyarakat untuk berhenti merokok demi kesehatan. Sekarang pernahkah kita memikirkan bahwa rasa kesepian juga mengancam kesehatan," tuturnya.

Creswell memimpin penelitian yang dilakukan terhadap 40 manula sehat dengan kisaran usia 55 hingga 85 tahun sebagai respondennya. Separuh responden ini mengikuti kelas meditasi dan retreat sehari.

Para partisipan yang mengikuti kelas meditasi dan retreat sehari, diajari untuk meningkatkan kesadaran terhadap tubuh dan teknik pernapasan. Mereka diinstruksikan untuk mempraktikkan teknik kesadaran selama 30 menit setiap hari.

"Penting untuk manula melatih otaknya, ini sama halnya dengan Anda melatih otot bisep di pusat kebugaran," kata Creswell sebagaimana dilansir dari MyHealthNewsdaily.com.

Di akhir program, para responden diminta mengisi kuesioner yang memberikan penilaian tentang rasa kesepian. Responden yang mengikuti kelas meditasi, memiliki skor yang lebih baik, karena mereka terbukti dapat mengatasi rasa kesepiannya.

Manula yang rutin bermeditasi juga mengalami perubahan pada 143 gen dalam tubuhnya. Gen inilah yang akan berpengaruh terhadap proses peradangan.

Di usia lanjut, manula seringkali merasa terisolasi karena minimnya orang yang mau berinteraksi dengan mereka. Seiring dengan meningkatnya usia, jenis kesepian ini juga membuat para manula merasa dibuang dan depresi. (ANT/JES)



Meditasi Bisa Kurangi Kesepian Manula
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar