Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Bayi Lahir Alami Punya IQ Lebih Tinggi

| Kamis, 09 Agustus 2012
Bayi Lahir Alami Punya IQ Lebih TinggiLiputan6.com, London: Bayi yang lahir secara nomal alias alami bisa memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan yang dilahirkan dengan operasi caesar. Menurut para ilmuwan, hal itu dikarenakan kandungan protein di otak bayi yang lahir secara normal.

Penelitian terbaru mengungkapkan, ketika wanita melahirkan secara alami, bayi mendapat protein khusus yang lebih tinggi di dalam otaknya. Protein ini bisa membantu meningkatkan kecerdasan mereka seiring dengan pertumbuhan.

Para ilmuwan di Yale University, Amerika Serikat, mengatakan, peningkatan protein yang disebut UCP2, pada bayi yang lahir alami bisa membantu perkembangan memori jangan pendek maupun jangka panjang, yang menjadi komponen utama dari IQ manusia.

Penemuan ini dilakukan setelah mempelajari daerah hipokampus pada otak tikus yang lahir dengan alami dan yang operasi caesar. Tikus yang dilahirkan dengan C-section ditemukan memiliki UCP2 yang tingkatnya lebih rendah, sebagai hasilnya mengalami gangguan prilaku saat dewasa, Kamis (9/8).

Penilitian ini diterbitkan dalam Jurnal PLoS ONE. Penulis penelitian Dr Tamas Horvath mengatakan peningkatan operasi caesar terjadi karena faktor kenyamanan. Padahal pengaruh yang tak terduga kemudian berhubungan dengan perkembangan otak dan fungsi pada manusia itu sendiri.

"Kami menemukan bahwa kelahiran alami memicu ekspresi UCP2 dalam neuron yang terletak di wilayah hipokampus dari otak," jelasnya.

Menurutnya, ini menunjukkan protein UCP2 meningkatkan perkembangan otak bayi dan berhubungan dengan prilaku. "Dan ini berkurang pada tikus yang lahir melalui caesar".

Dengan rendahnya UCP2, bisa menghambat fungsi UCP2 dan prilaku orang dewasa berhubungan dengan gangguan fungsi hipokampus.

Kontroversi seputar caesar berdatangan.Pada penelitian sebelumnya disebutkan operasi caesar jauh berisiko infeksi dan menyebabkan masalah kesuburan kedepannya [baca: Operasi Caesar Jauh Lebih Berbahaya].(dailymail/MEL)



Bayi Lahir Alami Punya IQ Lebih Tinggi
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar