Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Tips Tetap Sehat Saat Ramadan

| Minggu, 22 Juli 2012
Liputan6.com, London: Agar tubuh tetap sehat meski menjalani puasa Ramadan, Anda harus tahu triknya. Apalagi jika Anda seorang pecandu olahraga, tubuh Anda akan tetap berada pada kondisi optimal dengan sedikit pengaturan waktu berolahraga di bulan Ramadan.

Berikut tips sehat saat Ramadan versi laman fashiocentral.

1. Tetapkan tujuan Anda
Sebagai permulaan, tetapkan tujuan Anda untuk mendapatkan kesehatan selama Ramadan. Olahraga rutin ringan yang Anda lakukan terfokus untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh Anda. Yang harus diingat, tubuh akan kekurangan energi dan kalori selama puasa. Karena itu, Anda perlu memahami tanda-tanda tubuh Anda. Memperhatikan kondisi tubuh seperti itu juga merupakan salah satu tips perawatan utama bagi kesehatan agar Anda tak berlebihan dalam berolahraga.

2. Lakukan yang mudah bagi Anda
Ramadhan adalah kesempatan bagus untuk memberikan relaksasi baik mental maupun fisik. Namun perawatan kesehatan tetap harus dilakukan, cukup kurangi intensitas dan durasi latihan agar tetap lebih konsisten, tanpa harus ngoyo berolahraga. Kurangi durasi latihan dari 60 menit menjadi 30 menit atau beralih dengan berjalan kaki cepat maupun jogging ringan selama 30 - 45 menit.

3. Menyempurnakan aturan olahraga
Karena sering kehabisan cadangan energi setelah seharian berpuasa, perawatan kesehatan di bulan Ramadan harus direncanakan, agar tetap mendapatkan manfaatnya. Cukup lakukan latihan kardio ringan yang diulang selama tiga sampai enam kali. Kemudian lanjutkan dengan gerakan naik turun atau squat sebanyak 10 -15 menit. Lalu latihan menahan dan menekuk kaki, push-up, latihan menahan tubuh atau bench dips dan jogging atau melompat selama satu menit.

4. Perbaiki waktu untuk melakukan olahraga teratur
Salah satu tips kesehatan yang sangat penting pada bulan Ramadan adalah memperbaiki waktu dan menemukan hari yang paling cocok untuk kenyamanan Anda. Carilah waktu ketika Anda merasa lebih energik dan segar, yaitu 30 menit sebelum sahur dan setelah buka puasa. Dengan cara ini, kapan pun Anda berolahraga tetap tak merasa kelelahan. Namun pastikan perubahan itu perlahan, karena tubuh Anda memerlukan adaptasi.

5. Konsisten
Kunci untuk mencapai dan mempertahankan kesehatan adalah menjalankan latihan rutin. Jika ingin tetap sehat, latihan rutin tersebut dapat memberikan manfaat maksimal bagi Anda.(SHA)



Tips Tetap Sehat Saat Ramadan
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar