Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Tips Sukses Jalani Puasa Sehat

| Minggu, 22 Juli 2012
Liputan6.com, London: Sukses menjalani puasa hingga akhir dan tetap sehat adalah impian setiap orang. Untuk mendapatkannya, cobalah untuk mulai memilih bahan makanan yang Anda konsumsi kala sahur. Kemudian cobalah untuk menghindari beberapa jenis makanan, yang dapat menggangu jalannya puasa Anda.

Berikut uraiannya seperti dilansir laman kashmirreader, baru-baru ini.

1. Konsumsi jenis makanan yang lambat dicerna oleh sistem pencernaan
Mengingat waktu berpuasa cukup panjang. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna, termasuk makanan berserat.

Pilihlah makanan sahur yang mengandung biji-bijian seperti bermacam jenis olahan gandum, sereal, millet, semolina, kacang-kacangan, lentil, tepung gandum, beras kasar. Makanan tersebut lambat dicerna, sehingga disarankan untuk dikonsumsi ketika sahur.

2. Hindari makanan berminyak, berlemak, dan mengandung kadar gula tinggi.
Makanan berminyak dapat membuat Anda cepat haus, sementara makanan berkadar gula tinggi bisa membuang garam mineral penting bagi tubuh Anda.

Terlalu banyak teh di sahur membuat Anda sering buang air kecil dan berakibat garam mineral berharga yang diperlukan tubuh saat siang hari hilang. Hindari juga bahan makanan dari gula putih atau makanan olahan dari tepung karena memiliki efek serupa.

3. Jangan makan terlalu banyak saat sahur.
Makan dalam jumlah banyak hanya membuat Anda kenyang sesaat. Apalagi jika pemilihan makanan Anda tak sesuai dengan anjuran di atas.

5 Hindari merokok.
Bukan merokok yang menjadi penutup sahur Anda, melainkan banyak minum air putih. Selain itu konsumsi jus buah juga penting untuk membantu menambah cairan pada tubuh.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan khusus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter pribadi untuk mendapatkan solusi terbaik untuk menjalani puasa Ramadan tahun ini. Selamat mencoba!(SHA)



Tips Sukses Jalani Puasa Sehat
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar