Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Ratusan Ribu Akun Yahoo Dibobol

| Minggu, 15 Juli 2012
Liputan6.com, San Fransisco: Ratusan ribu password Yahoo berhasil dibobol hacker pada Rabu 11 Juli. Pihak Yahoo! mengonfirmasi kebenaran tersebut sehari setelahnya dan memberikan pernyataan kepada publik melalui sebuah blog.

Dalam pernyataan kepada blog TechCrunch seperti dilansir Xinhua, Jumat (13/7), Yahoo mengatakan bahwa "sekitar 400.000 akun Yahoo! meliputi nama pengguna dan perusahaan serta password" telah dicuri pada 11 Juli.

Menurut perusahaan itu, sistem perbaikan terhadap kerentanan yang dilakukan Yahoo! yang menyebabkan pencurian itu. Sebagai solusi dari pencurian password tersebut, Yahoo! mengimbau agar para pengguna yang menjadi korban segera mengubah password dan memberitahukan kepada perusahaan.

Meski demikian, langkah tersebut belum dapat ditempuh sepenuhnya untuk mendata secara tepat mengenai data akun atau perusahaan yang terkena dampaknya.

Sekelompok hacker yang dikenal sebagai Perusahaan D33Ds memposting sebanyak 453.492 akun yang mereka bobol, dalam teks biasa pada situs publik pada Rabu malam. Mereka mengklaim aksi tersebut sebagai "wake-up call" daripada ancaman terhadap pihak Yahoo!.

"Ada banyak celah keamanan yang dieksploitasi di server web milik Yahoo! Inc yang telah menyebabkan kerusakan jauh lebih besar dari pantauan kami. Jangan anggap sepele," ungkap kelompok tersebut pada akhir postingnya.

D33Ds juga menambahkan bahwa beberapa informasi sensitif yang mereka dapat, sengaja tidak diposting untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Sementara itu, perusahaan keamanan TrustedSec menganalisa bahwa layanan hack mungkin berasal dari Yahoo Voices. Yakni sebuah divisi Yahoo! yang berfokus pada penerbitan online. Yang sebelumnya memiliki julukan Associated Content.

"Bagian yang paling mengkhawatirkan secara keseluruhan adalah kenyataan bahwa password yang disimpan tidak terjamin sepenuhnya," kata TrustedSec di blognya.(TNT/MEL)



Ratusan Ribu Akun Yahoo Dibobol
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar