Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Pesan Taxi Blue Bird Melalui Aplikasi Blackberry

| Minggu, 01 Juli 2012
Jakarta, CHIP.co.id - Blue Bird Group yang telah berdiri sejak 1 Mei 1972, pada kali ini meluncurkan inovasi terbaru untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada para pelanggannya dengan menghadirkan layanan aplikasi Blackberry. Layanan yang dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui ponsel pintar, merupakan layanan cepat dan dapat menjadi solusi disaat pelanggan membutuhkan layanan jemput-antar di tengah kepadatan kendaraan ibukota. Peluncuran layanan aplikasi Blackberry dari Blue Bird mengambil lokasi di Kantor Pusat Blue Bird Group, Mampang Prapatan Raya, Jakarta (2/8).

Layanan aplikasi Blackberry ini merupakan layanan yang pertama hadir di Indonesia yang memberikan kemudahan kepada pelanggannya, dr. H. Purnomo Prawira selaku Direktur Utama Blue Bird Group membuka acara peluncuran dengan menginformasikan perjalanan Blue Bird Group yang selalu menghadirkan inovasi terbaru demi kepuasan pelanggannya. Berbagai layanan telah dihadirkan Blue Bird dari tahun ke tahun, dimana memulai transformasi dunia IT ke Blue Bird dengan sistem radio, GPS hingga pemesanan melalui SMS. Purnomo juga menginformasikan bahwa layanan pertama kali yang dilakukan oleh Blue Bird Group ini bahkan sempat mendapat perhatian khusus dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang ingin megimplementasikannya pada negara mereka.

Bambang Susantoro selaku Wakil Menteri Perhubungan menyambut dengan tangan terbuka dan mengucapkan selamat kepada Blue Bird Group atas layanan ini. Ini merupakan layanan yang memberikan dukungan kepada jalur perhubungan di kota Jakarta di tengah padatnya lalu lintas di setiap waktu. Dengan layanan terbaru ini, diharapkan jalur perhubungan akan semakin membaik. Bahkan dukungan dunia IT pun sudah dapat dirasakan dengan begitu banyaknya inovasi, seperti pada mal atau plaza yang menginformasikan jumlah parkir kendaraan, yang memudahkan pengunjung dalam menaruh kendaraannya. Pihak Research In Motion (RIM) menyambut baik akan hadirnya aplikasi ini di Indonesia, dan memberikan ucapan selamat atas peluncuran aplikasi kepada Blue Bird Group.

Sigit P. Djokosoetono selaku Vice President Central Operations Blue Bird Group memaparkan lebih mendalam mengenai berbagai inovasi yang dihadirkan Blue Bird Group demi memberikan kepuasan maksimal kepada para pelanggan. Dimulai sejak tahun 1972 yang melakukan pemesanan hanya melalui jalur PSTN dan Radio Call yang dikontrol melalui Call Center. Bahkan terobosan selalu dilakukan dengan penggunaan Reservation System dan Ani Bid hingga Radio MDT yang digunakan pada kendaraan, dan pemesanan bahkan dapat dilakukan melalui SMS. Dan pada akhirnya layanan terbaru melalui Blackberry dihadirkan pada tahun 2011.

Sigit juga menginformasi bahwa selain pada perangkat Blackberry akan juga hadir pada perangkat ponsel lain, tergantung akan respon dari pelanggan. Sejak peluncurannya dalam versi Beta yang sudah dilakukan selama satu bulan, aplikasi ini sudah diunduh hingga lebih dari 60.000 kali. Bahkan akan dilakukan penambahan 1500 armada untuk di kota Jakarta dan 1500 armada di berbagai kota besar lainnya di Indonesia. Purnomo juga menambahkan di akhir acara, bahwa investasi dikeluarkan mencapai 50 Milyar akan sistem, call center, aplikasi Blackberry dan sistem Back End untuk layanan ini, bahkan ke depannya akan ditambahkan sistem baru dan GPS pada kendaraan untuk memudahkan tracking lokasi dari kantor pusat Blue Bird Group.

Langkah-langkah Penggunaan Layanan Aplikasi Blackberry

  1. Unduh dan instal aplikasi melalui link http://appworld.blacberry.com/webstore/content/41455 melalui perangkat ponsel Blackberry dimana pengguna telah memiliki minimal OS versi 4.5.0 dan Blackberry Map.
  2. Masukkan nomor telepon pengguna dan lakukan verifikasi code yang akan dikirimkan oleh Blue Bird Group ke ponsel pengguna. Kode verifikasi sebanyak 6 digit akan dikirimkan melalui SMS. Nomor telepon pengguna dapat juga tidak terpasang di perangkat Blackberry.
  3. Lakukan pendaftaran pada sistem reservasi dengan menuliskan informasi data diri nama pengguna, serta sebagai tambahan informasi dapat menuliskan tanggal lahir pelanggan dan alamat email pelanggan.

Fitur-fitur Layanan

  • Pelanggan dapat menikmati berbagai fasilitas dari layanan ini seperti pemesanan baru, tracking pemesanan, history pemesanan hingga 10 order terakhir. Informasi Call Center dan pemberikan masukan atau saran kepada Blue Bird Group.

  • Pemesanan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan menuliskan pemesanan yang pernah dilakukan ataupun dengan pemesanan baru. Tuliskan lokasi dimana akan dilakukan penjemputan. Masukkan juga informasi penunjuk jalan agar pihak Blue Bird mudah menemukannya (maksimal sebanyak 24 karakter), contoh: rumah sebelah lapangan bola, atau rumah berwarna hijau.

  • Masukkan informasi tujuan dan lakukan pemilihan jenis taksi yang diinginkan pelanggan, terdapat pilihan Any Regular Taxi (Blue Bird, Pusaka, Morante, Lintas Buana atau Cendrawasih), Any Executive/Regular Taxi, E Class Mercedes Benz (Silver Bird), C Class Mercedes Benz (Silver Bird), Any Mercedes Benz (C Class atau E Class yang terdekat), dan Silver Bird Vellfire (Taksi Minivan Toyota Vellfire).

  • Pemesanan akan dilakukan konfirmasi dari pihak Blue Bird Group dan dalam hitungan menit akan diinformasikan bahwa Taxi yang sudah dipesan sedang dalam perjalanan untuk proses jemput.


Pesan Taxi Blue Bird Melalui Aplikasi Blackberry
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar