Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Perbandingan Aplikasi Instagram di Perangkat Android dan Apple

| Minggu, 01 Juli 2012
CHIP.co.id - Aplikasi Instagram baru saja hadir pada perangkat Android, setelah selama 18 bulan aplikasi ini hanya hadir pada perangkat Apple. Kali ini CHIP akan memberikan perbandingan terhadap aplikasi ini pada perangkat Android dan Apple. Apa saja persamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh aplikasi Instagram pada kedua platform yang berbeda? Simak ulasan berikut ini!

Untuk Anda yang akan menggunakan aplikasi Instagram pada perangkat Android, lakukan proses unduh dan instalasi sebesar 12,6 MB melalui Google Play. Pastikan memori internal Anda memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan, hasil akhir yang didapatkan CHIP setelah proses instalasi memakan kapasitas sebesar 17 MB.

Halaman Instagram akan hadir pada saat Anda menjalankan aplikasi ini, dan lakukan proses Sign Up ataupun Login. Untuk Anda yang baru saja memiliki aplikasi ini, lakukan proses Sign Up, atau untuk Anda yang sudah memiliki akun dari perangkat Apple, lakukan proses Login.

CHIP tidak akan membahas proses penambahan rekan atau kerabat, karena Anda pasti sudah dapat mencoba dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Instagram. CHIP akan langsung membahas satu per satu persamaan dan perbedaan pada kedua platform ini. Sisi sebelah kiri akan menampilkan aplikasi pada perangkat Android, sedangkan sisi kanan merupakan tampilan pada perangkat Apple.

Pada tahap awal, penggunaan icon pada kedua aplikasi ini sangat serupa. Struktur menu ditampilkan sama pada kedua platform, hanya terdapat penambahan kata 'like' ataupun 'comment'. Fitur 'like' di aplikasi ini serupa dengan fitur 'like' pada Facebook. Anda dapat memberikan tanda 'like' dengan menekan tombol hati, atau melakukan double-tap pada foto yang ditampilkan. Menu Home (gambar rumah) akan menampilkan kerabat yang Anda ikuti (following), dan akan selalu memperlihatkan foto hasil unggah dari kerabat-kerabat Anda, termasuk foto Anda pula.

Pada Menu Populer (gambar bintang), aplikasi Instagram berjalan serupa dan tidak memiliki perbedaan. Anda memerlukan jumlah likes yang mumpuni agar foto Anda tampil pada halaman ini. Untuk Menu Unggah Foto akan dibahas diakhir artikel ini dan dilanjutkan ke menu berikutnya.

Menu ini akan menghadirkan pilihan News dan Following, dimana apa saja yang dilakukan oleh Anda ataupun kerabat Anda, akan ditampilkan secara akurat. Pada tab News ini pun serupa satu sama lain, hanya penggunaan tab dan tombol saja yang berbeda.

Pada tab Following, akan ditampilkan apa saja yang dilakukan rekan Anda, baik memberikan 'likes' hingga foto apa saja yang telah mereka kunjungi.

Pada Menu Profil, akan ditampilkan data diri Anda seperti nama, username, jumlah foto yang Anda unggah, hingga jumlah followers dan following. Anda dapat melihat seluruh koleksi foto Anda, baik dengan tampilan per-kolom ataupun per-baris.

Menu Setting (tombol di kanan atas) akan menampilkan beberapa pilihan menu lainnya, yang berfungsi untuk mencari kerabat Anda berdasarkan username, perubahan data diri, dan beberapa fitur lainnya.

Pencarian rekan atau kerabat Anda dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui jejaring sosial Facebook dan Twitter, ataupun berdasarkan nama atau username.

Selain pencarian berdasarkan username, Anda juga dapat mencari berdasarkan hashtag. Hashtag dapat Anda tambahkan pada bagian komentar di setiap foto yang sudah Anda unggah, tentunya penggunaan hashtag ini sesuai dengan keinginan Anda, ataupun komunitas Anda.

Pada bagian Sharing, Anda dapat menghubungkan aplikasi Instagram ini ke jejaring sosial lainnya. Fitur ini berguna saat melakukan unggah foto, sehingga Anda tidak perlu melakukan login ke jejaring sosial yang Anda miliki setiap Anda selesai mengunggah foto. Perbedaan di kedua platform hanya pada koneksi akan jejaring sosial saja.

Untuk Anda yang merasa tidak nyaman dengan foto yang akan Anda unggah dapat terlihat oleh siapapun, Anda dapat menutup akun Anda ke mode privat. Mode ini akan menutup koleksi foto yang Anda miliki, dan setiap pengguna lain ingin terhubung dengan akun Anda, harus melewati approval dari Anda. Fitur ini serupa dengan fitur yang dimiliki pada Twitter.

Secara keseluruhan dari menu dan fitur yang dimiliki oleh aplikasi Instagram di kedua platform, memberikan persamaan, hanya terdapat sedikit perbedaan pada penyajian akses melalui tab ataupun tombol. Namun CHIP menemukan perbedaan lain saat ingin melakukan unggah foto.

Pada Menu Unggah Foto, Anda akan diberikan pilihan untuk melakukan unggah melalui galeri yang Anda miliki di perangkat Anda, ataupun melakukan pengambilan foto secara langsung melalui kamera. Sedikit saran untuk Anda yang baru saja menggunakan aplikasi ini, pengambilan foto dalam bentuk potrait ataupun landscape, akan mengharuskan Anda menyajikannya dalam bentuk proporsi (kotak) saat melakukan unggah foto. Sehingga, akan terdapat pemotongan foto, seyogyanya Anda selalu memberikan ruang untuk Anda potong, ataupun menggunakan aplikasi foto lain yang memberikan hasil proporsional secara langsung.

Setelah Anda memilih foto yang akan Anda unggah, tampilan layar akan diberikan beberapa pilihan filter. Berikut filter yang hadir pada kedua perangkat:

  • Filter pada Perangkat Android: Normal, Amaro, Rise, Hudson, Sierra, X-Pro, Lo-Fi, Earlybid, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Valencia, Nashville, 1977, dan Kelvin
  • Filter pada Perangkat Apple: Normal, Amaro, Rise, Hudson, X-Pro II, Sierra, Lo-Fi, Earlybid, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Valencia, Nashville, 1977, dan Kelvin

Perbedaan terletak pada penggunaan filter, dimana pada perangkat Android menggunakan filter X-Pro, sedangkan pada perangkat Apple menggunakan filter X-Pro II.

Jika dilihat dari sisi atas menu, Anda dapat memutar foto, menambahkan frame/pigura, atau memberikan efek brightness selain penggunaan filter yang sudah ada. Namun terlihat pada perangkat Apple, terdapat tambahan fitur Tilt Shift / Blur (menu gambar tetesan air). Fitur ini menyajikan efek blur secara langsung kepada foto.

Anda dapat menambahkan efek blur pada sisi atas dan bawah foto (dengan logo minus), ataupun efek blur pada sekeliling dan fokus pada bagian tengah foto (logo lingkaran). Efek tambahan ini tidak Anda temui pada aplikasi Instagram di perangkat Android.

Perbedaan akan fitur ini tidak terlalu berarti jika pada sebelumnya Anda telah melakukan olah foto dengan aplikasi lain, namun fitur Tilt Shift / Blur merupakan fitur yang sudah terintegrasi di perangkat Apple melalui aplikasi Instagram ini. Anda dapat menggunakan aplikasi lain dalam memberikan efek blur dengan berbagai aplikasi menarik yang terdapat di Google Play, sehingga proses unggah foto, hanya bertujuan untuk mengunggah saja, tidak memerlukan penambahan efek pada foto.

Hal ini serupa dengan filter yang terdapat pada aplikasi Instagram ini. Penambahan efek pada foto dengan berbagai filter, dapat Anda lakukan dengan penggunaan aplikasi lain terlebih dahulu.

Kesimpulan

Aplikasi Instagram yang hadir pada kedua platform ini memberikan kemudahan oleh para pengguna Android dan Apple untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Perbedaan yang terdapat pada aplikasi Instagram di kedua platform tersebut menurut CHIP tidak terlalu signifikan, bahkan jika dilihat secara keseluruhan, semua fitur yang  terdapat pada versi Apple, telah dihadirkan juga pada versi Android. Bahkan untuk pengguna yang memiliki kedua jenis perangkat ini, dapat dengan mudah mengunggah foto tanpa dibatasi secara ekslusif.

Perbandingan Aplikasi Instagram di Perangkat Android dan Apple
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar