Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Nasi Goreng Gurita, Hitamnya Lezat!

| Minggu, 15 Juli 2012
JIKA mendengar menu nasi goreng, akan terasa biasa karena bisa Anda jumpai di mana-mana. Namun, menu satu ini terbilang istimewa karena hanya bisa Anda dapatkan di Kota Solo.

Nasi goreng hitam gurita lada hitam, namanya. Nasi goreng dengan cita rasa baru ini disajikan oleh Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, Jawa Tengah. Berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, nasi goreng hitam gurita lada hitam ini cukup istimewa karena menggunakan tinta cumi-cumi sebagai pewarna alami. Hasilnya, nasi goreng pun berwarna hitam.

Public Relation KSPH Solo Tya Kristianti mengatakan, menu baru tersebut diracik dalam rangka ulang tahun ke-35 KSPH. "Harganya sangat murah untuk konsumsi hotel bintang lima, yakni dengan harga promo Rp35.000,รข€ katanya di Solo, baru-baru ini.

Sementara itu, membuat menu istimewa ini tidaklah sulit. Seperti halnya nasi goreng biasa, bumbu-bumbu yang digunakan juga sama, seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan garam.

"Bumbunya hampir sama. Hanya saja, saos tomat atau saos sambal yang biasa digunakan untuk mencampur nasi goreng diganti dengan saos yang terbuat dari tinta yang dikeluarkan dari cumi-cumi," sahut Chef Tama Prayogi dari Gambir Sakethi Restoran KSPH Solo.

Menurut Tama, tinta cumi biasanya dibuang karena menjijikkan, namun sebenarnya memiliki kandungan protein, mineral, dan berbagai vitamin sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Agar aroma amisnya berkurang, masakan tersebut juga menggunakan lada hitam dan air sari ketan hitam.

Nasi berwarna hitam didapat dari tinta cumi yang sudah dipisahkan sebelum dimasak. Kemudian, bahan-bahan ini digoreng bersama nasi dan bumbu lainnya. Sementara untuk penyajiannya, nasi goreng tersebut dilengkapi dengan cumi goreng dan saus lada hitam sebagai pengganti saus cabai. (ftr)



Nasi Goreng Gurita, Hitamnya Lezat!
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar