Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Memotong Makanan Lebih Kecil Bisa Turunkan Berat Badan

| Sabtu, 21 Juli 2012
Liputan6.com, Arizona: Ada cara lebih unik untuk bisa menurunkan berat badan yaitu dengan memotong makanan yang akan disantap lebih kecil. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Arizona, Amerika Serikat, mengungkapkan jika Anda memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil, Anda bisa memantau berat badan Anda lebih efektif.

"Ada sepotong kue tinggi kalori di depan Anda, cobalah untuk membaginya menjadi potongan-potongan kecil," ungkap psikolog dari universitas tersebut.

Penemuan itu berdasarkan penelitian yang dilakuan terhadap seekor tikus pada 1989 silam. Meski penelitian kuno, tapi hasil yang diharapkan juga sesuai dengan kondisi saat ini. Para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus dalam labirin. Makanan untuk mereka dibagi menjadi dua bagian. Pada salah satu labirin ada 300 gram makanan. Sementara, di labirin yang lain terdapat empat iris makanan dengan masing-masing 75 gram .

Hewan pengerat tersebut lebih menyukai potongan kecil. Mereka makan lebih sedikit. Berdasarkan hasil percobaan ini, psikolog Arizona menyarankan bahwa aturan itu mungkin juga bisa dilakukan bagi organisme hidup lainnya, termasuk manusia.

Kemudian, 300 siswa diundang untuk percobaan. Masing-masing ditawari roti bagel (utuh atau dipotong menjadi empat bagian). Dua puluh menit kemudian, para siswa diberi makan siang gratis, setiap orang dapat memakan sebanyak mungkin yang mereka inginkan.

Hasilnya, peserta yang memakan bagel yang telah dibagi menjadi empat bagian mengonsumsi makanan dengan porsi kecil. Mereka telah merasa kenyang setelah makan roti tersebut. Sementara, responden yang makan roti begerl yang tiak dipotong atau utuh tetap merasa lapar. Mereka tidak bisa mengendalikan nafsu makan. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, potong makanan Anda kecil-kecil. (FRD)



Memotong Makanan Lebih Kecil Bisa Turunkan Berat Badan
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar