Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Bayi Lahir di Atas 39 Minggu Bakal Pintar

| Senin, 16 Juli 2012
Liputan6.com, Bogota: Saat berada pada angka unik, orang kerap menggoreskannya di momen pribadi yang penuh istimewa. Tak jarang, kelahiran buah hati kadang disesuaikan dengan angka yang mudah diingat meski itu "dipaksakan". Sayangnya, operasi caesar tersebut kerap tak mempedulikan usia kehamilan. Menurut riset di Kolombia, bayi yang terlahir di bawah usia 39 minggu akan memiliki risiko peningkatan pada kinerja akademiknya kelak.

Dalam laman time.com, baru-baru ini, Dr Kimberly Noble di Universitas Columbia membandingkan 128.050 bayi yang lahir antara usia 37 minggu dan 41 minggu kehamilan di New York City antara 1988 hingga 1992. Diketahui, anak yang lahir pada usai 37 atau 38 minggu memiliki nilai prestasi lebih rendah dibanding bayi yang lahir di usia 39, 40 atau 41 minggu, Rabu (4/7).

Menurut peneliti, bayi yang lahir di usia 37 minggu memiliki 14 persen berisiko lebih besar mengalami gangguan ringan membaca. Dan 33 persen lebih tinggi risikonya akan alami gangguan membaca. Efek yang sama ditemukan pada kemampuan matematikanya. Anak terlahir pada 37 minggu memiliki risiko 16 persen lebih besar untuk mengalami gangguan ringan dalam keterampilan matematika dasar, seperti perhitungan atau estimasi, dibandingkan dengan anak yang lahir pada usia 41 minggu.

"Sebagai dokter anak, kita diajarkan bahwa istilah waktu tepat melahirkan ialah di usia 37 minggu," kata Noble yang mencatat ini didasarkan pada atribut fisik.

"Tapi data kami menunjukkan bahwa anak yang lahir pada 37 minggu dan 38 minggu memiliki peningkatan risiko masalah kinerja akademik dibandingkan dengan anak yang lahir pada usia 39 minggu atau 40 minggu. Jadi kami sarankan berolahragalah, dan hati-hati dalam menginduksi persalinan sebelum 39 minggu,' sarannya. (MEL)



Bayi Lahir di Atas 39 Minggu Bakal Pintar
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar