Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Spesifikasi Kamera Digital Casio Exilim G1

| Selasa, 24 Agustus 2010
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dua buah produk Casio yang sangat populer adalah kamera digital dan jam tangan. Nah, belum lama ini pabrikan asal Jepang tersebut merilis produk yang bisa dibilang merupakan kombinasi keduanya lewat seri Exilim G1. Inilah kamera digital model saku yang muncul dengan senjata utama pada daya tahan terhadap guncangan dan air. Hal ini merupakan feature yang biasanya diusung jam tangan seri G-Shock.

Dari dulu jajaran produk Exilim tenar sebagai kamera berbadan langsing yang enak dibawa namun terkesan rapuh jika terbentur. Sebaliknya, jajaran G-Shock justru tampil kuat terhadap guncangan. Casio pun berinisiatif memadukan dua kelebihan ini ke dalam sebuah kamera. Dan hasilnya adalah Exilim G1 yang tahan jatuh hingga ketinggian sekitar 2,1 meter dan juga tahan air (waterproof) hingga kedalaman 3 meter. Ini berkat desain kompartemen plus lapisan karet di setiap sela. Fungsinya adalah mencegah debu masuk ke bagian dalam kamera (sekaligus membuat kamera tak akan rusak akibat suhu beku hingga -10 oC). Keren bukan?

Pada dasarnya daya tahan memang menjadi kekuatan utama kamera beresolusi 12 megapixel ini. Karena itu, produk ini cocok bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan, atau mungkin juga cocok bagi mereka yang sembrono. Namun desain yang bersifat protektif ini ternyata membuat panel navigasi dan bagian penutup menjadi kurang nyaman diakses, misalnya saat akan membuka tutup baterai atau memasukkan kartu microSD. Lensa luar pun dibuat tak bergerak untuk mencegah unsur luar masuk dari kisi lensa. Untungnya, jika Anda memakai sarung tangan, navigasi tombol masih terasa nyaman dilakukan.

Sebagai kamera kompak, G1 mungkin tidak terlalu istimewa karena lebih mengedepankan faktor “fun” dalam fotografi. Namun, siapa pun akan menyukai 26 skema foto Best Shot untuk merekam foto, video , dan suara dengan praktis. Kemampuan fokus otomatis, jeda foto, kualitas image dalam kondisi outdoor juga cukup bagus. Kurangannya akan muncul pada pemotretan indoor atau dalam kondisi cahaya remang. Beberapa feature foto seperti Dynamic Photo (untuk memotret subyek bergerak) dan Multi-motion Image (untuk menyatukan beberapa image dalam satu foto) merupakan sebagian kemampuan kamera ini yang sangat menarik untuk dicoba.
***

Bagi kami, Casio EX-G1 tampaknya memang mengutamakan faktor “fun” (yang kerap melibatkan kreativitas) sehingga menyenangkan pemakainya. Selain itu, hal yang paling menarik dari G1 tentu saja daya tahannya yang siap untuk dipakai saat pengguna berada di luar ruangan. Pengguna tak perlu risau lagi memotret kala hujan, saat mendaki gunung, atau bahkan saat berenang.

Paket kamera yang tersedia dalam warna hitam dan merah ini ternyata juga sudah termasuk kartu microSD 4 GB plus jam tangan G-Shock yang setidaknya cukup menarik bagi konsumen. Anda tertarik?


Spesifikasi Casio EX-G1

Resolusi Pixel
12,1 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
640x480/4000x3000 pixel
Resolusi Video (min/max)
320x240/848x480 @ 15/30 fps
Media Perekam
Internal 36 MB & microSD
Format File (gambar/video/audio)
JPEG/AVI/WAV
Ukuran lensa ekivalen-35mm
38-114 mm
Aperture setting
f/3.9-8.9
Ekivalen ISO
64, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom
3x optical, 4x digital
Kecepatan shutter (detik)
4 – 1/1250
Fokus terdekat terbaik (makro)
10 cm
Viewfinder
Tidak ada
Diagonal LCD
3 inci
Koneksi komputer
USB
Tipe baterai/isi ulang
Lithium Ion 700 mAh/Ya
Charger baterai
Ada
Dimensi (plt)
10,4x6,4x2 cm
Bobot (gram)
154 (dengan baterai dan kartu memori)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp3.299.000 + microSD 4GB + Jam tangan G-Shock
* Kasindo Graha Kencana, (021) 6667-5301~04
* Minggu pertama Juni 2010

Tombol Rapat
Tombol akses berbentuk unik dan terlindung rapat dari debu dan air.







Animasi Foto
Foto dapat tampil lebih hidup dengan imbuhan icon animasi yang disediakan dalam kamera.







Potong Subyek
Feature Dynamic Photo memungkinkan Anda memotong subyek/fokus utama dari keseluruhan foto sehingga tampil lebih individual.



 


Plus     : Daya tahan ekstrem; mudah dipakai; feature menarik dan kreatif; desain menarik.
Minus : Grip licin; tanpa stabilizer gambar; noise di cahaya remang ; memori harus microSD.

Skor Penilaian
Kinerja             : 3,75
Fasilitas            : 4
Penggunaan      : 4,5
Harga               : 3,5
Skor Total        : 3,93


Spesifikasi Kamera Digital Casio Exilim G1
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar