Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Sepesifikasi dan Review Nokia 1800

| Selasa, 24 Agustus 2010
Secara kasat mata Nokia 1800 sangat mirip dengan kerabatnya Nokia 1616. Bahkan, label harganya pun terbilang tak jauh beda. Yang pasti, ponsel ini mengakomodasi kebutuhan dasar akses komunikasi: telpon dan SMS.

Bagi yang menyukai ponsel berkesan simple, Nokia 1800 bisa menjadi pilihan menarik. Masuk akal, mengingat ponsel berbudget rendah ini memang tak menjejalkan failitas ‘wah’.

Karakter disainnya terasa pas untuk dikonsumsi level new-entry. Khususnya konsumen yang berada di daerah rural, serta sebatas membutuhkan fitur-fitur komunikasi pokok.      

Disain & Interface
Kesan simpel dan praktis yang disuguhkan Nokia 1800 terlihat dalam bentukkan disain bodi yang sederhana, namun cukup fungsional. Model candybar berbalut casing plastik terlihat cukup solid, ditambah hadirnya layar anti gores. Alhasil, kumpulan materi penyusunnya ini menjadikan Nokia 1800 tertampil lebih elegan.

Seperti sudah disebutkan diatas, Nokia 1800 terlihat mirip dengan seri 1616. Keduanya hanya dibedakan oleh model tombol navigasi utama, yang berupa pad chrome. Bentuk candybar-nya sendiri terlihat ergonomis, tanpa sudut tajam di tiap sisinya. Nyaman kala dalam genggaman.  


Kemudahan akses navigasi ditunjukkan melalui bentuk dan susunan keypad glossy, dimana tetap nyaman untuk mengetik SMS.

Di bagian depan, permukaan keypad terdisain rata dan terkesan menyatu dengan layar 1,8 inci-nya. Terlihat sekadar menyisakan pad-chrome yang menonjol dibanding tombol-tombol lainnya. Untuk casing belakang, cuma memaparkan logo Nokia dan tiga garis grill sejajar lubang audio.

Kekuatan layar Nokia 1800 tercatat masih setara dengan kerabatnya Nokia 1616. Begitu pula dengan performanya, tetap mampu memanjakan mata pengguna.




Nokia Life Tools
Inti layanan yang diusung oleh ponsel ini adalah Nokia Life Tools. Layanan ini membantu pengguna untuk tetap update terhadap berbagai konten, Mulai dari berita, pengetahuan umum, pendidikan, pertanian, hingga ke hiburan. Mekanisme operasionalisasinya bersifat tanya jawab, tentunya dengan menggunakan trafik data dari operator simcard terkait.

Misalnya pada konten pendidikan, layanan ini ditujukan untuk pengguna yang masih ada di level sekolah. Didalamnya, anak-anak sekolah bisa mendapati panduan belajar seperti bahasa Inggris, tips ujian, dan pengetahuan umum. Tentunya fitur ini sangat membantu untuk melatih daya ingat dalam belajar.

Sedangkan pada konten pertanian, pengguna dapat menerima update konten-konten berita & saran pertanian, harga pasar, serta info cuaca. Sangat cocok untuk pengguna yang berprofesi di bidang agrikultur dan di daerah rural. 

Konten yang lebih variatif ada pada menu hiburan. Didalamnya pengguna akan mendapati pilihan-pilihan musik, berita terbaru, film, astrologi, dan humor. Sehingga layanan ini akan cocok dibuka untuk mengisi waktu luang. Lebihlagi pada konten musik, pengguna bisa mendapatkan update konten nada dering dan nada sambung, baik yang populer atau biasa.

Untuk konten berita, pengguna dapat memilih konten berita nasional, olahraga, dan infotainment. Untuk konten musik, update yang diberikan berupa berita tentang film dan resensi film.

Sebagai pelengkap, life tools ini juga menyediakan astrologi dan humor. Disini pengguna dapat bermain-main dengan berbagai model ramalan mulai dari simbol matahari, mitos jawa, dan shio Cina. Sedangkan konten humor berupa pesan-pesan yang berisi gurauan-gurauan lucu.    



Konektivitas
Serupa dengan Nokia 1616, ponsel ini memang tiada dilengkapi akses konektivitas data (internet). Ini dapat dimaklumi, mengingat sasaran ponsel ini memang kalangan dengan kebutuhan komunikasi dasar, sebut saja fitur panggilan.

Nokia telah membekali seri 1800 dengan kemampuan penerimaan sinyal bagus, yang cocok saat berada di daerah terpencil atau area rural. Ini dapat mengurangi kecenderungan terputusnya panggilan, meminimalisasi gangguan-gangguan suara bahkan saat sinyal sangat minim. 

Fitur pendukung
Fasilitas menarik pada Nokia 1800 selain Nokia Life Tools yaitu radio FM. Ini terbukti tak jauh beda dengan Nokia 1616. Fitur radionya dapat dioperasionalisasikan via loudspeaker dan audio jack standar 3.5mm. Nah, untuk model ini Nokia sudah melengkapkan headset audio, untuk radio FM. Tak seperti Nokia 1616, yang ‘memaksa’ konsumen membeli headset sendiri.

Ada pula lampu senter (LED flashlight) yang disematkan disisi atas body Nokia 1800. Nyalanya cukup terang, dan relatif fungsional kala kondisi gelap gulita. 



 
Baterai
Sumber daya Nokia 1800 tercatat serupa dengan baterai saudara sepabrikannya Nokia 1616. Kemampuannya pun terukur tak jauh beda, dimana dalam sekali charging sanggup menghidupi ponsel sampai dengan 2 hari. Itu pun dalam pemakaian optimal.

Kesimpulan
Sederhana dan praktis, itulah dua kata kunci yang ditawarkan Nokia 1800. Aplikasi Nokia Life Tools-nya sangat cocok dipakai di daerah rural. Bahkan tak menutup kemungkinnan digunakan di daerah perkotaan, mengingat fitur yang disediakannya cukup kompleks, dan berguna bagi siapa saja.

Tak hanya itu, Nokia 1800 juga dibekali radio FM, yang sudah dilengkapi headset audio. Ya .. meski tak ada multimedia player, fasilitas hiburan satu ini cukup lumayan untuk menghibur.

Bagi penikmat ponsel branded, Nokia 1800 cukup worthed sebagai ponsel ‘lapis kedua’, untuk fungsi sederhana dan simpel. Namun, bagi yang doyan ponsel lokal, banderol yang ditawarkan Nokia 1800 terhitung bisa dipakai menebus ponsel dengan fitur lebih komplit. Semuanya, sesuai selera ...

( + ) : Navigasi cukup fungsional dan praktis, layanan Nokia Life Tools cukup membantu, disertakan headset dalam paket penjualan
( - ) : Tanpa kamera, tidak tersedia konektivitas (port) data.

Spesifikasi
Harga: Rp 350.000,- ; Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz); Dimensi: 10.7 x 4.5 x 1.53 cm; Berat: 78.5 g; Layar: TFT, 65K colors, 128 x 160 pixels, 1.8 inches; Messaging: SMS; Fitur lain: FM radio, Games, Flashlight, Organizer, Voice memo, T9; Baterai: Li-Ion 800 mAh (BL-5CB). [tabloidpulsa]



Sepesifikasi dan Review Nokia 1800
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar