Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Sekarang Telkomsel Bisa Transfer Uang Cuma Lewat Ponsel

| Senin, 14 Desember 2009
Berita Tekno, Jakarta - Telkomsel baru saja menghadirkan layanan remittance (T-Remitt) yang memungkinkan seluruh pelanggan selulernya di Indonesia untuk menerima transfer uang dari luar negeri melalui mobile wallet (T-Cash).

Untuk tahap awal, operator dengan jumlah pelanggan 82 juta itu langsung menggandeng 13 Koperasi Unit Desa (KUD) di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, untuk diajak bekerja sama.

Telkomsel yang mengincar fee transaksi dari transfer uang TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri ke sanak keluarganya di tanah air, sengaja memilih Koperasi karena dianggap sebagai titik terdekat pencairan uang yang bisa dijangkau, khususnya masyarakat desa.

"Sukabumi, khususnya Pelabuhan Ratu merupakan salah satu kantong TKI dengan negara tujuan terbanyak Malaysia dan Hong Kong," kata GM Sales and Customer Service Jabotabek Telkomsel Riza A Wildani dalam keterangan tertulis, Senin (14/12/2009).

Menurut dia, layanan T-remitt akan mempermudah TKI untuk mengirimkan uang kepada keluarganya di Indonesia.

"TKI dan keluarganya tidak perlu punya account bank. Keluarga TKI hanya perlu menggunakan ponsel dengan kartu Telkomsel, yakni kartuHALO, simPATI atau kartu As," kata Riza.

Kiriman uang dari TKI asal Kabupaten/Kota Sukabumi tahun 2009 ini meningkat sekitar 120%. Salah satu faktornya adalah bertambahnya jumlah TKI asal Sukabumi yang bekerja di luar negeri.

Berdasarkan data terbaru Kantor Pos Sukabumi, jumlah kiriman uang dari TKI asal Sukabumi melalui Western Union (WU), sepanjang 2009 hingga awal bulan Desember mencapai Rp 317 miliar dengan jumlah 108.152 kali transaksi.

Padahal pada 2008 lalu, total jumlah kiriman TKI Sukabumi hanya sebanyak Rp 144 miliar. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah, hingga Rp 350 miliar lebih.

Riza menjelaskan, para TKI di luar negeri bisa melakukan pengiriman uang lewat layanan T-Remitt, melalui setoran (cash in) di 3.200 counter CTI dan Mobility One yang tersedia di Hong Kong, Malaysia, Taiwan, Timur Tengah, Brunei, Kamboja, Selandia Baru, Australia dan Jepang.

Selanjutnya, keluarga penerima yang telah menggunakan layanan T-Cash akan menerima notifikasi SMS kiriman dan dapat langsung mencairkan uang elektronik tersebut di koperasi terdekat.

"T-Remitt merupakan kepedulian kami terhadap para pahlawan devisa, karena layanan ini mampu mengurangi biaya kirim uang antar negara yang cukup tinggi, yakni hingga 10% jika dibandingkan dengan pengiriman uang dengan metode lain," kata Riza.

Dengan lebih murahnya biaya pengiriman uang, lanjut dia, akan memungkinkan TKI mengirim uang lebih banyak kepada keluarganya di Indonesia, khususnya menyambut Tahun Baru atau Hari Raya Idul Fitri.

Kerjasama Telkomsel dan KUD Pelabuhan Ratu ini merupakan implementasi dari kerjasama sebelumnya.

Telkomsel bersama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) telah mencapai kesepakatan untuk menghadirkan layanan Koperasi Community, T-Cash & T-Remitt, Push Email, dan layanan untuk pengembangan komunitas koperasi di daerah USO (Universal Service Obligation) seperti misalnya menjadi dealer produk Telkomsel (outlet Mkios).

"Layanan ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap perkembangan koperasi yang merupakan sendi perekonomian Indonesia. Dekopin sendiri memiliki anggota lebih dari 30 juta yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia," jelas Riza.

Upaya Dekopin untuk mengembangkan komunitas koperasi di daerah terpencil mendapat dukungan jaringan telekomunikasi Telkomsel yang tersebar di lebih dari 30.000 BTS (Base Transceiver Station) dan penggelaran program USO yang akan menjangkau 24.056 desa terpencil.


Keterangan foto: GM Sales and Customer Service Jabotabek Riza A Wildani dan Kepala Unit KUD Mina Pelabuhan Ratu mendampingi seorang pelanggan yang mencairkan uangnya dengan layanan T-Remitt. [detik.com]


Sekarang Telkomsel Bisa Transfer Uang Cuma Lewat Ponsel
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar