Sedikit info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini | Review Laptop | Spesifikasi Tablet | Harga komputer | Handphone | Bisnis Online | Tips Facebook | Sains

Google Phone Akhirnya Muncul Juga

| Senin, 14 Desember 2009
Berita Tekno, Jakarta - Desas-desus yang mengatakan Google akan memproduksi ponsel sendiri ternyata bukan sekadar isapan jempol. Kenyataannya, Google memang telah merancang ponsel sendiri.

Hal tersebut dinyatakan Mario Queiroz, Vice President, Product Management Google dalam blog resmi perusahaan itu, Sabtu (12/12). Ia menyatakan Google memang baru saja mengeluarkan konsep laboratorium mobile, yakni sebuah perangkat yang menggabungkan inovasi hardware dari salah satu partner dengan software Android buatannya.

"Kami membagikan perangkat tersebut kepada karyawan Google di seluruh dunia. Dengan harapan mereka akan menguji teknologi baru dan membantu meningkatkan kemampuannya," tulis Mario. Sayangnya, ia enggan menjelaskan rinci perangkat tersebut dengan dalih uji coba ini eksklusif di kalangan internal saja.

Namun, dibagikannya perangkat tersebut tak bisa menahan karyawan Google untuk membocorkannya. Melalui jejaring sosial Twitter, Leslie Hawthorne, manajer program open source Google, mengaku terkejut mendapatkan pembagian ponsel tersebut.

"ZOMG, kami semua berpesta dan semua orang mendapatkan ponsel Google baru. Cantik sekali," tulisnya dalam posting Jumat (11/12) sore. Tentu saja mengejutkan karena perangkat dengan teknologi dan fitur-fitur baru bakal di genggaman tangan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2009 nanti.

Ponsel rancangan Google yang baru saja dibagikan kepada para karyawannya untuk diuji coba akan diberi nama Nexus One. Sebelumnya, perangkat tersebut banyak disebut sebagai Google Phone meski istilah tersebut kini juga dipakai untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Hardware perangkat itu sendiri dibuat HTC Corp Taiwan. Namun, software yang dibenamkan di dalamnya sepenuhnya digarap Google dengan basis platorm Android, dari interface, fitur, dan aplikasnya. Sebelumnya, Mario Queiroz, Vice President, Product Management Google dalam blog resmi perusahaan itu, menyatakan pembagian ponsel tersebut memang untuk menguji coba fitur-fitur dan kemampuan teknologi baru.

"Google Phone yang baru bekerja dengan hardware HTC. Saya melihat Android 2.1 di dalamnya. Layar depannya menampilkan visualisasi yang lebih baik seperti wallpaper animasi," ujar Jason Howell, associate produser CNET TV. Ia menyebutnya cantik seperti iPhone tapi lebih kekar.

Howell menyatakan bentuknya seperti HTC Touch namun jauh lebih tipis. Di bagian depan bawah terdapat trackball sebagai navigasi dan empat mneu di bagian bawah layar khas Android. Ilustrasi tersebut sesuai dengan foto yang dilansir TheUnlockr dan Cory O'Brien, blogger terkemuka tak lama setelah kabar munculnya Google Phone di Twitter. [kompas.com]



Google Phone Akhirnya Muncul Juga
paimin-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar